Desa Mekarlaksana sebagai wilayah yang berada diatas tempat Ziarah Nitra Pamijahan dan merupakan batas wilayah Kecamatan Culamega dengan Bantarkalong, Desa Mekarlaksana adalah pemekaran dari Desa Cintabodas dengan SDA nya : Gula aren, Palawija, Kayu , Kerajinan tangan dll.

Rabu, 19 Agustus 2015

Sejarah Singkat Kecamatan Culamega Tasikmalaya


Sejarah Singkat Kecamatan Culamega Tasikmalaya
Kantor Kecamatan Culamega
Kecamatan Culamega Merupakan salah satu dari 39 kecamatan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Kecamatan Culamega yang terletak di Kabupaten Tasikmalaya dengan luas wilayah 6.251,47 Ha. Kecamatan Culamega merupakan salah satu pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat pada awal Revolusi Fisik, Tepatnya Pada Tahun  1948. Pada saat itu Gubernur Jawa Barat adalah Gubernur Sewaka.

Pada Bulan Oktober 2001 Kamantren Culamega Depinitif Menjadi Kecamatan dengan Camat Pertamanya yaitu Bapak TOTO TAUFIK, S.Pd. Kecamatan ini membawahi 5 Desa diantaranya Desa Cikuya, Desa Cipicung,  Desa Cintabodas, Desa Bojongsari dan Desa Mekarlaksana. Dengan Jumlah Kedusunan seluruhnya 38 Kedusunan, 38 RW dan 142 RT. Kecamatan ini beralamat  di  Culamega  tepatnya di Kp. Genteng, Jl. Raya Cintabodas No. 1 Culamega Tasimalaya.

Batas administrasi Kecamatan Culamega adalah sebagai berikut :
-          Sebelah Utara        : Kecamatan Bantarkalong
-          Sebelah Selatan     : Kecamatan Cipatujah
-          Sebelah Barat        : Kecamatan Bojonggambir
-          Sebelah Timur      : Kecamatan Cipatujah

2 komentar:

  1. Kalau bisa paka di tambah kan buat info seputar kecamatan culamega. Contohnya asal mula nama culamega dan tempat2 wisata yg mungkin bisa di jadikan promo buat kecamatan culamega selain danau denuh. Terimakasih

    BalasHapus
  2. Lebih detil lebih bagus bnya wisata di sekitar culamega

    BalasHapus